Review Jupiter MX Manual Clutch setelah 6 tahun Part 2 (Habis…)

Memasuki tahun 2011 tepatnya bulan maret sekitar tanggal-tanggal gajian, akhirnya Yb memutuskan untuk men-servis besar motor kecil Yb.. Yup, duit udah ditangan tinggal berangkat kebengkel resmi yamaha deket rumah.

Setelah ngobrol panjang dengan Headnya Mekanik, servis besar pun dimulai. Harapan Yb jangan sampe jajan banyak terutama Blok dan Piston. Karena Jupiter MX Blok nya nggak bisa dikorter kalo baret brarti beli baru. Harap-harap cemas juga karena motor memang sudah berumur 5 tahun lebih sedikit.

Setelah selesai dibongkar satu persatu. Montir yang biasa megang Motor Yb, nyamperin Yb. Dia bilang :  “Blom Pernah di gantikan mas??”

Yb jawab :  “Blom mas.. emang kenapa??”

montir :  “wah..masih kayak baru ya”

Kepala mekanik nyaut :  “teknologi Forged piston dan diasil silinder, bikin motor seperti baru terus”

Yb jawab : “Jiaaahhhhhhh…. ini mana kameranya,kok kayak lagi suting iklan motor cina….”

yup..dialog diatas memang benar adanya, krn Yb tidak sempat merekam kejadian tersebut dikarenakan memang Yb tidak memiliki alat untuk merekam pembicaraan tersebut :(( .

Singkat kata mekanik bilang ke Yb kalo motor dalam keadaan kondusif aman dan terkendali🙂. bahkan ring piston pun dia bilang nggak perlu ganti..tp Yb keukeuh untuk diganti saja supaya sekalian bongkar dan nggak bolik-balik bongkar lagi (kan lumayan tuh ongkos bongkarnya)..

Dari apa yang Yb dapat dari pengalaman 5 tahun pakai. Kualitas part per part yang ada didalam mesin jupiter mx bisa dibilang tahan banting.  Kok bisa..?? ya itu tadi.. setelah 5 tahun pakai tidak ada kendala yg berarti. Rantai keteng pun masih dalam kondisi yang bagus. Beda banget sm pengalaman Yb waktu masih menggunakan motor yang satunya.. dari baru sampai 2 tahun pakai rantai keteng sudah minta jajan. Padahal secara pemakaian lebih apik sm motor yang sudah Yb lepas sebelumnya.

Mungkin ada yang berpendapat. wah rajin kebengkel buat servis kali ya?? nggak juga tuh.. Yb termasuk org yang males kebengkel untuk servis rutin..servis terakhir aja setelah 7 bulan nggak servis. Kalo bisa servis itu cukup setahun sekali dan itu yg Yb lagi mau coba.. Tapi kalo Oli.. itu wajib hukumnya sebulan sekali tergantung pemakaian dan jarak.

Wah pasti Olinya mahal tuh..???.. nggak juga..cukup pake Yamalube yg Gold 1 liter.harga cuma 32 ribu

(Gambar ngembat dari blognyamitra.wordpress.com)

Kuncinya cm satu, rutin ganti Oli dan Filter oli   (Maksimal) setelah 3 kali ganti Oli. Tapi masih banyak faktor pendukung lain yang mungkin juga mempengaruhi keawetan mesin motor itu sendiri. Mungkin ada yg berpendapat lain.. Monggo di Cicipi…😀

9 responses

  1. Punya ane dah 12 tahun… Blum servis besar… Kira kira abis beraoa ya kalo servis besar

  2. punya ane udah 7 thn blm pernah turun mesin cuma ganti kamkop and per 1x, servis setahun sekali cuma ganti oli (motul 5100) n filter rutin…

  3. Betul bgt mas mx ane umur udah 4 th, servis setahun sekali tp masih alus gak beda jauh sama saat masih baru padahal sering buat geber2an. Kuncinya emang cuma rajin ganti oli doank.

    1. betul..betul..betul.. ibarat manusia oli itu darah..darah itu dibersihinnya dgn kerja ginjal..kalo motor ya musti sering-sering ganti darah atawa oli supaya nggak semaput. ..😀

  4. Seandainya si Byson pake Forged piston dan diasil silinder…

    1. Kalo soal peng aplikasiannya perlu penyesuaian lagi antar piston dan boringnya..krn peruntukan forged piston dan diasil silinder untuk mesin berkompresi tinggi dan yang sudah menggunakan radiator..

      tetap bisa di aplikasikan tetapi butuh penyesuaian lagi.. cek disini aja..

      Monggo😀

      http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/10/05/323957/33/12/Piston-Forging-Di-Linner-Biasa-Butuh-Ovality-dan-Tapper-Besar

  5. Ah cmua juga ada plus minusnya…Aku punya jupie mx 2006 juga tapi pake seher n block vixie, karbu pe 28, cdi brt. Part2 mesin yang lain blum pernah diganti padahal dah 64000 km n sering dipake ngebut di kec 145km/h. Lha supra 125 thn 2008 dah 57000km dah ganti seher 1x+ring 2x, rantai keteng 1x, tensioner keteng 2x, klep 1x

  6. Emangsih kalau material mesin, yamaha 4t emang materialnya paling kuat dibanding merk jepang yang lain, tapi sayangnya gesekan antarpart nya juga paling besar, makanya mesin cepet panas kalau jalan diatas 150km ga berenti. Beda ma honda mesinnya ga terlalu panas, keiritannya juga tetep terjaga karena efisiensi gesekan antar part tinggi. Tapi material partnya pas2an jadi ya tetep ajah lebih sering ganti…

  7. yg bisa cuma mx vixi n fu …hondut nyungsep aja dah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: