Review Jupiter MX Manual Clutch setelah 6 tahun Part 1

Kali ini Yb mau nge bahas tunggangan Yb sendiri. Kebetulan Yb sendiri menggunakan Yamaha Jupiter MX Keluaran 2006.

Selama hampir 6 tahun pakai, bukan berarti tanpa kendala. Sebetulnya kendaraan ini turunan dari punya adik Yb, setelah motor Yb yang sebelumnya dijual krn memang “minta” dijual. Jadi kalo dihitung-hitung Yb menggunakan motor ini baru dua tahun kurang dari 2010 s/d 2011 skrg. Dari riwayat yang pernah ada dimotor ini, sebelumnya motor ini pernah mengalami accident kecil yaitu Tabrakan frontal antara Jupiter MX ini dengan Honda C70. Wal hasil jarak sumbu roda pun mengecil akibat tabrakan frontal, segi tiga bengkok dan msh banyak lagi kerusakan lainnya..

Setelah direpair sampai memakan waktu 3 bulan kurang akhirnya motor kembali normal. Kendala lain yang ada dimotor ini yaitu Jupiter MX kopling manual keluaran pertama tahun 2006 bermasalah pada kopling yang sering terbakar krn suplai oli yang kurang bagus. namun sudah direvisi oleh pabrikan di Jupiter MX keluaran 2007/2008.

Setelah motor dioper alihkan ke Yb, Yb coba benahi sedikit-sedikit terutama disektor transfer daya. Karena berhubung motor ini sebagai kendaraan harian maka Yb nggak kepingin neko-neko dan tetap mengacu pada standardnya saja.

Setelah konsultasi dengan mekanik mengenai kampas kopling yang sering selip dan gosong, akhirnya mekanik menyarankan untuk membuat lubang bak  kopling dengan cara di bor membuat jalur oli baru dengan diameter lubang  berkisar  ± 5mm. kalo kata mekaniknya mengambil sedikit oli yang datang dari kruk as dan noken as.. yah pokoknya itulah..untuk membasahi rumah kopling

Kata si mekaniknya, Yang udah-udah nih pak..setelah dibuatkan jalur oli baru untuk ngebasahin rumah kopling beserta teman-temannya kampas kopling lebih awet dan nggak akan selip.. Oke Yb manut aja krn memang kendala motor ini ada di koplingnya.

Setelah selesai dibuat lubang baru, sekalian aja Yb ganti kampas kopling, ganti Clutch Pressure dan Hub Clutch.  Setelah semua dipasang, “Tendangan” kopling serasa motor baru. dan Alhamdullilah.. Koplingnya Sesuatu banget😀.. setelah 1 tahun pake. Mau itu macet, tanjakan.. Gejala dan kendala motor ini bisa ter eliminir. (To Be Continued….)

2 responses

  1. motor ane sama dengan sama dengan ente gan, waktu ane bor rumah kopling, secara tak sengaja penahan kampas kopling patah satu, gmana apa nantinya berpengaruh ke peforma mesin nantinya, gan?

  2. saya pngen bnerin stang mtr vega z 2010,,, normal lg gtu laah,, udh ke tukang las,, akh msh g enk,, akalin sndiri tkt tmbah rusak,,, k bngkel yamaha ko ga yaqin ea ?? bgs.a pke oli apa ea?? sblm.a pke yamalube,, v 5 bln trakhir pke shell advance,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: