Motor With Judder dan Non Judder

Menyambung artikel sebelumnya, Yb akan bahas motor-motor apa saja yang menggunakan Judder spring dan Non Judder spring. Sebagaimana fungsinya, Juuder Spring ini memiliki fungsi untuk meredam lompatan-lompatan kampas kopling disaat akan merapat dengan plat gesek. Bisa dibayangkan apabila lompatan-lompatan tersebut tidak bisa diredam, tentu akan menimbulkan getaran yang cukup kuat dan lumayan mengganggu buat si penunggangnya dan ini hanya berlaku bagi motor yg berkopling manual saja.Bisa saja di siasati dengan membesarkan bukaan gas, tp hasilnya tetap tidak semaksimal motor yang sudah dilengkapi judder.

Berikut Motor-motor yang dilengkapi Judder Spring

Yamaha Jupiter MX

Yamaha V-Ixion

Yamaha Scorpio

Honda Megapro Honda TigerSuzuki GSX 250

CBR 150

Dan berikut adalah motor-motor yang tidak menggunakan Judder Spring. Yang didapat  berdasarkan pengalaman pribadi, pengalaman teman dan sempat mengamati langsung beberapa motor tersebut yang tidak menggunakan Judder Spring bermasalah saat digunakan oleh si Empunya.

New Shogun SP

Thunder 125 

Satria FU 150

Berikut adalah motor-motor tanpa Judder Spring yang belum pernah bermasalah, beberapa mekanik bengkel resmi yang sempat saya ajak diskusi soal motor yang tanpa Judder spring ini berpendapat bahwa motor – motor yang tidak mengaplikasikan Judder spring memang sudah menggunakan hitungan yang amat sangat presisi, sehingga gejala getar karena lompatan-lompatan kampas dan plat gesek bisa direduksi dengan baik.

New Yamaha Jupiter MX Manual Clutch

Yamaha Byson

Honda New Megapro

Honda CS1

Untuk produk Non Jepang, Yb belum mendapatkan gambaran pasti. Seperti Bajaj Pulsar sepertinya tidak menggunakan Judder Spring tetapi tidak mengalami masalah seperti motor Jepang yang tidak menggunakan Judder Spring. Hal ini dikarenakan Bajaj Pulsar menggunakan 6 Buah Perkopling. Dimana penekanan kampas dapat dilakukan secara merata. Dimana motor yang hanya menggunakan 4 per kopling tidak bisa maksimal seperti motor yang menggunakan per kopling sebanyak 6 buah.

Demikian Mas Bro.. Monggo di cicipi..

8 responses

  1. mau tanya?? spring judder motor apa saja yg sama dengan spring judder tiger??

  2. judder spring kan 1 kampas kecil nah kalo engine balancer ap tuh…?

  3. keduanya apa berbentuk plat? bukan kampas
    klo plat apa engga menimbulkan selip?

  4. Untuk Bajaj Pulsar perlu diketahui:

    Bajaj Pulsar 180UG3 sudah menggunakan judder spring dan menggunakan 4 per kopling.

    Bajaj Pulsar 180UG4,200 dan 220 juga sudah memakai judder spring namum menggunakan 5 per kopling.

    Namun dr penggunaan judder spring memang sangat terasa dimana jika menggunakan gear tinggi di kecepatan rendah tidak terasa adanya getaran berlebih,namun untuk akselerasi pasti sangat terpangkas dibandingkan dengan melepas judder spring

  5. […] Posted: 21 September 2011 in Otomotif Kaitkata:Honda, Judder Spring, Jupiter MX, Yamaha 3 […]

  6. btw ada juga pemilik tiger yang sengaja melepas judder spring untuk menambah tenaga mesin lho.:mrgreen:

    1. Mungkin Orientasi si jokinya berbeda-beda shingga judder spring tidak di aplikasikan lagi, soal shogun SP, Yb share berdasarkan pengalaman pribadi dan mungkin ada beberapa orang yg punya nasib serupa.😀

      Mungkin tidak semua SHogun sp seperti itu dan mungkin kebetulan Yb mendapatkan motor yg kurang presisi.🙂

  7. shogun SP bermasalah karena ga ada judder spring? nonsense bro…
    suzuki sendiri udah meneliti, dan sengaja meniadakan judder spring untuk memaksimalkan penyaluran tenaga dari mesin ke gearbox. makanya bebek kopling suzuki pun masih bejaban lawan MX yang notabene pake judder spring, mesin tegak, 4 klep, radiator pula tuh.:mrgreen:

    klo soal getaran, ane udah nyoba 2-2nya. klo shogun SP lama getar karena ga ada engine balancer (untuk memaksimalkan tenaga juga nih), tapi di shogun SP baru halus banget (udah pake engine balancer). pindah gear juga enak, ga lompat, ga keras.

    so, judder spring di sini bermanfaat klo power motornya cukup melimpah. klo di bebek2an mah belum terlalu perlu.

    walaupun tanpa judder spring, transmisi dan clutch system shogun SP ane ga pernah bermasalah, padahal sering ane pake freestyle tuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: