Judder Spring dan Seat Judder.. Apaan tuh….???

Kenal sama benda ini butuh perjalanan panjang dan bener-bener menyita pikiran Yb. Berawal dari pilihan motor baru yang ditawarkan antara New Shogun SP, Jupiter MX Manual Clutch dan Yamaha V-ixion. Berhubung Budgetnya Mefet V-ixion keluar dari List. Masuk kepilihan kedua Jupiter MX manual Clutch, tp dirumah udh ada Jupiter MX dan pd waktu itu Yb pikir buat apa ada dua MX disatu rumah. dan akhirnya pilihan jatuh pada New Shogun SP utk jadi kendaraan Harian

Setelah lama menunggu, akhirnya motor yang ditunggu pun datang. Pertama kali nyoba, ngga ada yang salah sm motor ini, cuma riding position nya aja yg kurang nyaman. Yaaa maklum jg sih,krn tinggi badan seharusnya naikin motor laki. Tapi setelah beberapa menit riding pun akhirnya terbiasa juga..

Seminggu kemudian mulai ngerasain aneh di mekanisme kopling manualnya. jadi kalo udah lama dipake jalan, apa lagi kejebak macet. itu kopling mulai ngeselin, gampang slip dan gredeg-gredeg dag dag dag bikin org yang naikinnya takut mesinnya knp2. akhirnya pas sampe dirumah coba ambil kunci 12 buat nyetel setelan kopling. tp setelah dicoba hasilnya nihil..dan kejadian ini terus berlangsung selama berbulan-bulan.

Akhirnya coba share sana sini termasuk ke mekanik suzuki..mreka cm bisa menyarankan ganti olinya aja mas sama yang agak bagusan..tp sehabis diganti pun nggak ngaruh sama sekali. sampe penyetelan kopling pun Yb serahkan sama mekanik suzuki dengan harapan dapet setelan yg pas..tapi sami mawon..

Akhirnya rasa penasaran makin tinggi krn Yb bandingkan dgn kopling manual Jupiter mx dan honda tiger, kejadian di shogun sp Yb tidak muncul di kedua motor tersebut.

Bingung campur haru akhirnya Yb coba surfing dan nyari tahu apa yang bikin beda dari Jupiter MX manual clutch dgn Shogun SP. akhirnya didapat gambar seperti ini

Perhatikan nomer 4 dan 13. Nomer 4 adalahseat judder dan nomer 13 adalah judder spring.. dua benda ini berbentuk ring polos, untuk yang nomer 4 ring polos dan datar untuk yg nomer 13 ring polos namun diameter sisi dalamnya membentuk kerucut dan berfungsi sebagai pegas. kalo di mobil disebut per diaghfrahma atau matahari tp ini versi polosnya.

kerja ring judder yg mengerucut berfungsi untuk meredam getaran-getaran atau lompatan-lompatan yg terjadi antara plat gesek dengan kampas kopling. Sehingga getaran seperti yang di alami shogun sp sperti gredeg-gredeg, deg deg deg. dapat di eliminir dgn judder spring.

Bandingkan dengan susunan shogun sp yang tidak memiliki sama sekali.. http://eparts.suzuki.co.id/Default2.aspx
dan hal ini akan bikin kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

Buat yang mau ambil motor dengan kopling manual, ada baiknya mempertimbangkan part ini, karena part ini sangat2 dibutuhkan untuk kopling manual.

Next Yb akan bahas motor mana aja yang pake Judder spring dan Non Judder spring..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: